Jika sebuah aliran fluida melewati sebuah kontur, maka erat kaitannya dengan aplikasi dari aerodinamika.

Kebetulan sebelum saya posting tulisan ini saya lagi ambil datra tentang tugas akhir saya yang topiknya tentang aerodinamika fluida. Awal pengambilan data lancar-lancar saja karena hanya mengukur kecepatan freestream udara untuk menentukan kecepatan putaran blower wind tunnel agar mencapai Reynold Number 53000. Setelah itu pengukuran kecepatan statis dan stagnasi aliran menggunakan pitot static tube yang diletakkan di tengah test section wind tunnel yang memiliki ukuran 600 mm x 600 mm.

Kendala yang biasa dialami dalam pengambilan data yaitu antara ukuran silinder sebagai benda uji dengan ukuran test section wind tunnel tidak presisi sehingga perlu dilakukan sedikit modifikasi supaya silinder dapat ditempatkan pada test section.

Nah bagi teman2 khususnya dari teknik Mesin ITS yang juga mengambil TA dengan menggunakan wind tunnel,sebaiknya sebelum mengambil data benda uji perlu di cek ke-presisiannya dengan ukuran test section maupun jumlah pressure tap yang telah dirancang sehingga pengambilan data dapat dilakukan dengan lancar dan hasil yang di dapatkan mendekati kondisi teoritis.